PENGERTIAN WEB STATIS DAN WEB DINAMIS

Web Statis Dan Web Dinamis

Ada banyak website yang sering kita lihat dalam diinternet, bermacam-macam website tersebut bermacam-macam fungsingnya, pembuatnya, bahkan bermacam-macam pula yang melihat website.
 


Yah, memang dunia maya kadang memudahkan kita untuk mencari informasi, karena bisa bersifat sharing, memudahkan kita berkomunikasi jarak jauh dll…Namun kadang tidak jarang pula, ada beberapa pengguna yang memanfaatkan dunia maya untuk kejahatan. Baiklah, disini kita akan membahas mengenai website, website merupakan teknologi yang dibuat untuk memberikan informasi secara meluas, informasi tersebut dapat berupa gambar, vidio, text, dll, selama terkoneksi dengan internet dan bisa di akses tanpa batasan.

Pembuatan website sendiri banyak caranya, berdasarkan teknolognya website terbagi menjadi 2, yaitu sebagai berikut:

1. Web Statis merupakan website yang informasinya tidak dapat di ubah langsung di web, tidak bisa diupdate melalui aplikasi website tersebut melainkan harus merubah script yang ada di dalamnya.

Contoh dari web statis adalah web yang berisi profil perusahaan. Di sana hanya ada beberapa halaman saja dan kontennya hampir tidak pernah berubah karena konten langsung diletakan dalam file HTML saja.  

2. Web dinamis merupakan website yang informasinya bisa di ubah-ubah langsung melalui web, bisa diupdate kapan saja.

Contoh dari web dinamis adalah portal berita dan jejaring sosial. Lihat saja web tersebut, isinya sering diperbaharui (di-update) oleh pemilik/admin atau penggunanya. Bahkan untuk jejaring sosial sangat sering di-update setiap harinya.
Perbedaan web statis dan dinamis ada pada: 
 
Konten
web statis : konten hanya diberikan oleh pemilik web dan jarang di-update,

web dinamis : konten bisa berasal dari pengunjung dan lebih sering di-update, bisa diambil dari database sehingga isinya pun bisa berbeda-beda walaupun kita membuka web yang sama.

Bahasa Script yang digunakan
web statis : hanya menggunakan HTML saja, atau paling tidak bisa ditambah dengan CSS, JavaScript. Jika ingin mengubah tampilan harus melalui syntax/scriptnya langsung

web dinamis : menggunakan bahasa pemrograman web yang lebih kompleks seperti PHP, mysql, ruby, ASP dan lain-lain , bisa mengubah tampilan melalui CMS yang ada.
Interaksi pengunjung dan admin web/pemilik web

web statis : tidak dimungkinkan terjadinya interaksi antara pengunjung dengan pemilik web. Pengguna hanya sekedar melihat saja tidak bisa mengisi data

web dinamis : terdapat interaksi antara pengunjung dengan pemilik web seperti memberikan komentar, transaksi online, forum, dll. Pengguna bisa update informasi langsung dari website.
 
Database yang digunakan
Web statis :tidak menggunakan database, semua informasi sudah ada dalam sebuah file yang di tampilkan di halaman web karena tidak ada data yang perlu disimpan dan diproses.

web dinamis : menggunakan database untuk menampung banyaknya data, sehingga web hanya mengambil data dari database seperti MySQL, Oracle, dll untuk menyimpan dan memroses data.

Itulah perbedaannya gan, jika ingin membuat website bisa disesuaikan dengan kebutuhan saja, web yang ingin kita buat we statis atau dinamis…

Previous
Next Post »