MANFAAT IT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DAN TANTANGAN IT UNTUK MASA DEPAN


MANFAAT IT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI 


IT atau mungkin lebih sering dikenal dengan Teknologi Informasi sudah sangat dekat bahkan menyatu dalam kehidupan sehari-hari manusia, karena dengan adanya Teknologi Informasi sema bisa berjalan dengan mudah dan cepat. Tanpa kita sadari, kita tidak akan bisa lepas dari IT sedetikpun.

Berikut adalah beberapa manfaat IT dalam kehidupan sehari-hari :

1. Memudahkan bagi kita untuk mendapatkan informasi

Untuk zaman sekarang jika ingin mendapatkan informasi tentang jadwal kereta api atau pesawat terbang, kita tidak perlu lagi susah-susah ke Bandara, kita hanya perlu mencari informasinya leat internet, bahkan pemesananpun bisa dilakukan secara online. Segala bentuk informasi dapat didapakan secara mudah hanya dengan browsing internet.

2. Mempermudah Komunikasi

Handphone sudah menjadi barang pokok bagi setiap orang, dengan adanya handphone kita akan mudah berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun kita berada.

Pada era tahun sebelum tahun milenium, komunikasi jarak jauh hanya dilakukan menggunakan surat. Misalnya hari senin kirim surat, 1 minggu kemudian surat baru sampai, 1 minggu kemudian kita baru mendapat balasan, perlu waktu 2 minggu hanya untuk berkomunikasi. Waktu yang sangat lama hanya untuk komunikasi, untuk sekarang kita bisa berkirim surat memakai e-mail.

Jika zaman dulu terkena dengan istilah ”Sahabat Pena”, maka sekarang adalah ”Teman Chatting”. Yaah .... sekarang sudah banyak tersedia jejaring-jejaring sosial seperti facebook, YM, Twitter, Yahoo Koprol, dll. Tidak perlu lagi sahabat pena yang perlu waktu 2 minggu untuk saling berbalas, chatting bisa dilakkan dalam hitungan detik.

3. Sebagai tempat promosi barang dagangan
Untuk mempromosikan barang, kita tidak perlu lagi repot-repot terjun ke lapangan dan menawarkan kepada satu per satu orang, karena kita hanya perlu mempromosikannya saja lewat internet dan memasang iklan disepanjang jalan.

4. Memudahkan dalam bidang percetakan
Dengan berkembangnya teknologi, maka kita tidak perlu bingung bagaimana cara mencetak buku dengan cepat, rapi, bagus, dan banyak. Karena sudah banyak tersedia mesin-mesin cetak yang canggih.

5. Memudahkan dalam bidang kesehatan

Dengan adanya mesin-mesin canggih dalam bidang kesehatan sangat mempermudah bagi dokter maupun perawat dalam memonitor kesehatan pasien seperti memonitor detak jantung lewat komputer, memonitor aliran darah, memeriksa organ dalam pasien, dll

6. Membantu dalam petunjuk arah
Jika zaman kerajaan majapahit dulu petunjuk arah menggunakan keberadaan matahari, lalu berkembang dengan adanya kompas, tapi untuk zaman sekarang kita bisa pergi kemanapun kita mau tanpa perlu takut kesasar, karena sudah ada teknologi GPS, sebagai petunjuk dimana keberadaan kita sekarang.

7. Mengurangi tenaga pengangguran
Yang membuat Indonesia banyak pengangguran bukan hanya karena SDM nya yang kurang terampil, tapi karena mereka tidak punya jiwa berwirausaha. Banyak orang-orang yang membuka usaha secara online dengan modal yang sedikit bisa lewat facebook, twitter, ataupun membuat website.

8. Memudahkan dalam hal pembayaran
Pembayaran rekening listrik, rekening telepon, dan pembayaran yang lainnya tidak perlu lagi repot-repot menuju loket pembayaran, kita bisa melakukannya dengan sms banking ataupun pembayaran secara online.


TANTANGAN IT UNTUK MASA DEPAN

 

Disamping manfaat kita juga akan mendapatkan tantangan IT untuk masa depan, diantaranya :

1. Karena perkembangan teknologi yang sangat maju dan canggih, kemungkinan perusahaan-perusahaan besar tidak lagi membutuhkan karyawan untuk memproduksi barang produksinya, karena sudah ada mesin-mesin canggih yang mengerjakannya, sehingga kemungkinan besar akan bertambah jumlah pengangguran.

2. Dengan adanya mesin pencarian seperti Google, otak manusia didigunakan untuk berfikir, jika seorang siswa mendapatkan tugas mereka hanya akan mencari file yang mereka butuhkan lewat google dan akan mengcopy pastenya saja. Dan itu membuat siswa untuk tidak berfikir, dan dengan tanpa disadari hal itu membuat seseorang menjadi pemalas untuk berfikir.

3. Tidak semua orang di Indonesia mengenal IT dengan baik, masih banyak orang-orang awam yang bahkan sama sekali tidak mengenal IT, dan jika mereka tidak diperkenalkan IT mulai dari sekarang, maka kelak mereka akan sangat tertinggal dengan perkembangan IT yang lebih maju kelak.

4. Kecanggihan teknologi di masa depan, akan membuat orang-orang menyukai hal-hal yang serba instan, hal-hal yang bisa dengan cepat dilakukan oleh mesin-mesin yang canggih, dan itu akan membuat seseorang menjadi pemalas dan kurang bekerja keras dalam melakukan segala hal.


Previous
Next Post »