DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DALAM MENGGUNAKAN IT

Dampak Positif Dan Negatif Dalam Menggunakan IT

Salam santun Bloggerrrr....
Dalam pembahasan kali ini kita kita akan mengupas apa-apa saja dampak positif maupun dampak negatif dalam kita menggunakan IT (Teknologi Informasi). Baca, pahami dan simaklah pembahasan berikut ini.

Seiring dengan pesatnya kemajuan dibidang teknologi informasi. Setiap orang sudah berlomba-lomba untuk mengenal, menguasai dan menggunakan teknologi informasi. Baik itu dari golongan anak-anak, orang dewasa, maupun orang tua. Karna sudah banyak organisasi maupun pihak-pihak masa kini yang sudah menerapkan teknologi informasi untuk melancarkan berbagai aktivitas di berbagai bidang.
Bidang Pendidikan
Dalam bidang pendidikan, teknologi informasi menjadi peranan yang sangat penting, teknologi masa kini seakan telah menjadi pengalih macam-macam buku, menggantikan guru dan mengubah sistem pengajaran yang dulunya masih bersifat manual. Teknologi informasi juga telah membuat ilmu pengetahuan maju dan berkembang sangat luas. Dengan adanya teknologi informasi, informasi-informasi untuk dunia pendidikan dapat di akses dengan cepat dan sangat mudah. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan dapat terataksi dengn mudah berkat hadirnya teknologi informasi.

Disisi lain, teknologi informasi juga mendatangkan pengaruh buruk dalam dunia pendidikan. Dengan adanya teknologi informasi, semakin besar peluang seseorang untuk melakukan tindakan pelanggaran dan kecurangan. Teknologi informasi tidak dijadikan media atau sarana dalam pembelajaran. Namun di gunakan untuk hal-hal yang tidak penting. Khusunya untuk anak-anak yang dibawah umur yang masih harus dalanm pengawasan orang tua.

Bidang Pemerintahan
Di bidang pemerintahan, teknologi informasi juga memiliki peranan penting. Penggunaan teknologi informasi dalam bidang pemerintahan dapat meningkatkan hubungan pemerintah dengan pihak-pihak lain. Yaitu: hubungan antara pemerintah dengan masyarakat, hubungan antara pemerintah dengan pengusaha, dan hubungan pemerintah dengan pemerintah. Dalam hal ini peranan teknologi informasi sangat dibutuhkan.

Disisi lain, teknologi informasi juga mendatangkan pengaruh buruk dalam pemerintahan. Dengan adanya teknologi informasi, semakin besar peluang masyarakat untuk mengakses situs pemerintahan dengan niat melakukan kejahatan atau pembobolan suatu situs, Terorisme semakin merajalela, banyaknya terjadi kasus caci maki antar golongan, dan penyalahgunaan teknologi untuk kepentingan politik.

Bidang Ekonomi
Dibidang ekonomi, teknologi informasi juga menjadi sarana yang penting. Karena dengan berkembangnya teknologi informasi, nilai perekonomian dalam suatu negara sudah memperlihat kan perubahan dan kenaikan yang sangat pesat. Pada masa dulu jarak dan waktu menjadi faktor pertama yang menghambat pertumbuhan dan perkembangan dibidang ekonomi. Dengan adanya teknologi informasi, jarak dan waktu tidaklah jadi masalah lagi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Semakin berkembang nya teknologi informasi, maka semakin besar peluang perekonomian suatu negara untuk maju. Di bidang ekonomi, teknologi informasi memberikan banyak kemudahan untuk melancarkan aktivitas manusia.

Disis lain, teknologi informasi juga mendatangka pengaruh buruk dalam bidang ekonomi. Peluang pembobolan rekening suatu lembaga semakin besar, banyaknya terjadi kasus penipuan perdagangan secara online, dan saling hujat-menghujat dimedia sosial karena mengambil foto-foto produk yang dijual tanpa izi.

Sekian pembahsan saya tentang dampak posotif, dan dampat negatif dalam menggunakan IT (Teknologi Informasi), semoga bermanfaat bagi pembaca. Salam santun J


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
rini novianti
AUTHOR
August 14, 2021 at 3:47 AM delete

Kunjungi IT Telkom Jakarta

Reply
avatar