TIPS ATAU CARA MENJAGA KEAMANAN BLOG WORDPRESS

Inilah Beberapa Tips Atau Cara Dalam Menjaga Keamanan Blog WordPress Dari Serangan Hacker





Mulai membangun web/blog menggunakan platform wordpress menggunakan shared hosting maka anda harus selalu mengoptimalkan sistem keamnan blog anda agar hasil kerja keras anda tidak sia-sia dalam membangun situs tersebut, banyak yang bilang situs wordpress adalah platfrom yang paling mudah di hack dibandingkan dengan platform lainya, namun dalam blog wordpress juga memiliki banyak sistem keamanan yang bisa kita gunakan dan kita optimalkan.

Jika kita membangun blog wordpress menggunakan shared hosting maka banyak hal yang bisa kita lakukan baik melalui panel control wordpress maupun melalui edit cPanel pada hosting kita, pad cPanel kita bisa selalu back up secara berkala maupun menambahkan kode IP pada htaccess kita sehingga kita bisa selalu melakukan setting keamanan pada situs blog wordpress kita.


Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam menjaga sistem keamanan blog wordpress anda dari serangan hacker :

1. Gunakan Password Yang Kuat.

Hal pertama yang harus anda lakukan tentu memberikan password yang kuat dalam blog wordpress anda, hal ini bisa anda lakukan dan lihat kekuatan sandi anda saat melakukan penggantian sandi, gunakan gabungan dari berbagai karakter untuk membuat password yang kuat dan tidak mudah untuk ditebak, untuk mengukur kekuatan sandi pada situs anda gunakan berbagai tools pengukuran, sekarang ini sudah banyak tools online yang ada di internet sebagai pengukur kekuatan keamanan suatu situs.

2. Ganti Pasword Secara Berkala.

Jika anda sudah menggunakan password yang kuat maka ada juga harus melakukan penggantian password secara berkala, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, penggantian password jangan hanya pada akun login wordpress anda melainkan password untuk keselurahan user login mulai dari wordpress anda, cPanel, dan berbagai file lainnya.

3. Selalu Update Versi Terbaru WordPress.

WordPress saat ini sering sekali melakukan update wordpress ke versi terbaru mereka, bahkan dalam 1 bulan terakhir ini wordpress sudah melakukan 3 kali update versi wordpress, jika ada update versi terbaru maka silahkan lakukan segera, hal ini berguna untuk meriset ulang berbagai kode yang ada di dalam blog wordpress kita, dengan demikian kehadiran tamu yang tidak di undang dapat kita hindari.

4. Lakukan Back up File Secara Rutin.
Back up adalah memberikan cadangan terhadap data situs kita, lakukan pencadangan data secara berkala dan rutin pada blog wordpress anda, saat kita menggunakan cPanel maka lakukan back up di cPanel hosting yang ada, dengan demikian jika ada pencurian konten atau silver lagi eror akibat serangan hacker maka data kita tetap aman dan kita bisa melakukan restore pada blog kita.


5. Gunakan Admin User Unik.

Saat anda melakukan instal blog wordpress maka usahakan gunakan nama unik dalam user login anda, jangan gunakan admin sebagai username anda karena hal ini sangat mudah ditebak, maka dari itu rubahlah dalam kata unik, jika sudah terlanjur menggunakan admin user maka silahkan rubah dalam pengaturan profil anda.

6. Lindungi File htaccess Anda.

Anda bisa melakukan penguncian pada file.htaccess di cPanel hosting anda, maksut dari penguncian ini adalah kita dapat mengatur terhadap login wp admin, sehingga hanya IP yang kita ijinkan saja yang bisa mengaksesnya, meski ada beberapa yang lolos namun cara ini cukup efektif dalam melindungi wp login anda.

7. Gunakan Private Login.

Menggunakan cara ini adalah melakukan penggantian login admin user pada login situs kita, secara umum login ke situs kita adalah wp-admin/ dan kita bisa merubahnya ke wp-admin.php. hal ini baik adalam meningkatkan sistim keamanan kita, untuk caranya bisa cek aja di google atau tunggu post saya selanjutnya.

8. Gunakan Hosting Yang Handal.

Sekarang ini sudah banyak penyedia layanan hosting yang bermunculan, maka dari itu usahakan pilihlah layanan penyedia hosting yang handal dan terpercaya untuk penyimpanan data anda, pilihlah layanan hosting yang menjamin keamanan data anda dan melakukan back up data secara berkala dan memonitoring segala kemungkinan yang terjadi pada hosting mereka.


9. Hapus Plugins Yang Tidak Penting.

Menggunakan blog wordpress memiliki berbagai macam kelebihan fitur yang disediakan, salah satunya adalah plugins, banyak plugins yang terdapat di blog wordpress yang bisa kita instal dan uninstal kapan saja kita mau, namun jika suatu plugins tidak berguna untuk wordpress anda maka di hapuas saja, karena dengan adanya plugins yang tidak terpakai kita telah memberikan celah kepada hacker untuk melakukan akses data dan jangan gunakan plugins yang jarang melakukan update atau bahkan plugins yang sudah usang yang ditinggalkan oleh pengembangnya karena ini sangat beresiko untuk blog kita.

10. Gunakan Plugisn Untuk Scrutity Keamanan.

Plugins dalam blog wordpress begitu banyak, dan dari sekian plugins yang ada maka ada beberapa plugins yang baik dan bisa anda gunakan utuk security keamanan situs blog wordpress anda. Hal ini bergua untuk selalu melakukan pemantauan terhadap berbagai kejanggalan dan serangan terhadap situs kita, dan secara otomatis plugins yang kita instal mem-blacklist dan memberikan informasi kepada kita terhdap serangn tersebut. Beberapa plugins yang saya rekomendasikan bis anda baca pada halaman dibawah ini.

Baca juga : 5 Plugins Untuk Menambah Sistem Keamanan Blog wordpress.


Previous
Next Post »