ISTILAH PLUGIN, FUNGSI DAN CARA INSTALLNYA

PLUGIN

Apaan sih Plugin WordPress
Wow, masih ada yang belum tahu apa itu plugin wordpress?

Tapi, ini mungkin saja terjadi, terutama yang sama sekali baru dengan cms wordpress.

Nah, bagi anda yang masih bingung apa itu plugin wordpress, apa fungsinya plugin ini dan dimana anda bisa mendapatkannya plugin tersebut, apakah anda bisa mendowload plugin ini secara gratis atau tidak, bagaimana cara mengginstal plugin wordpress ini, maka anda berada pada tempat yang tepat.




Oke. Kita mulai dari yang paling dasar. Pengertian plugin wordpress?

Secara sederhana, saya mengartikan plugin wordpress sebagai sebuah software yang terdiri dari beberapa kumpulan file (sources code, gambar dll) dan dirancang untuk melakukan fungsi tertentu pada website wordpress.

Jika website atau blog wordpress anda ingin memiliki fungsionalitas tertentu seperti membuat formulir online, ingin merubahnya menjadi toko online, squeze page dan lain sebagainya maka anda tinggal menginstal plugin tersebut di website anda.

Untuk anda ketahui juga, masing-masing plugin wordpress biasanya memiliki fungsi yang spesifik.
Sebenarnya plugin bukanlah istilah yang hanya didominasi oleh WordPress. Perangkat lunak lain juga banyak sekali menggunakan plugin yang juga digunakan untuk menambah fungsionalitas dari software tersebut. Seperti Adobe Photoshop.

Jadi plugin juga bisa dipahami sebagai software tambahan yang digunakan untuk menambah fungsionalitas website atau software inti. Dengan di installnya plugin ini, maka software ini akan memiliki fungsi tambahan dibandingkan dengan fungsi utamanya. Jika anda ingin defenisi yang lebih ilmiah, silahkan langsung baca di Wikipedia.Org aja.

Lalu apa fungsi plugin wordpress?
Sebenarnya dari defenisi diatas kita langsung bisa menyimpulkan bahwa fungsi dari plugin wordpress adalah untuk meningkatkan fungsionalitas dari website wordpress atau software inti.
Dengan menggunakan plugin ini, anda bisa menambahkan fungsi tertentu ke website anda tanpa harus mengerti CSS, HTML serta PHP terlebih dahulu. Anda cukup menginstalnya di website anda dan dengan melakukan beberapa settingan, maka anda bisa mendapatkan fungsi yang anda inginkan.

Fungsi plugin wordpress juga ditujukan untuk berbagai alasan, antara lain adalah:
Memungkinkan pihak ketiga membuat tambahan kemampuan pada aplikasi wordpress yang notabene adalah aplikasi terbuka (opensource) buat siapa saja yang ingin membantu mengembangkannya.
Mendukung fitur yang belum terlihat oleh para pengguna wordpress.
Mengurangi ukuran aplikasi wordpress baik dari segi kapasitas, bandwith yang digunakan, dll.

Anda bisa menambahkan fungsi e-Commerce (Toko Online), formulir online, SEO dan lain sebagainya



Cara Menginstall Plugin WordPress

Menginstall plugin wordpress juga relatif mudah. Banyak sekali panduan yang bisa anda jadikan acuan untuk menginstal plugin di website anda.

Untuk mendapatkan plugin anda bisa berkunjung ke WordPress.Org. Disana terdapat puluhan ribu plugin yang bisa anda download secara gratis dengan fungsinya masing-masing.


Mendownload Plugin WordPress
Ya. Plugin di WordPress.Org bisa anda download secara gratis. Namun, jika anda ingin menginstal plugin dengan fungsi khusus, anda juga bisa membeli plugin premium yang juga banyak dijual.
Harga plugin premium ini biasanya berkisar antara $10 sampai $100, bahkan ada juga yang lebih dari $100.

Tips: Dalam penggunaan plugin anda harus betul-betul bijak. Jangan menginstal plugin yang anda sebenarnya tidak butuhkan. Karena jika terlalu banyak plugin yang anda instal, biasanya bisa memberatkan website anda.

Itulah beberapa informasi yang bisa saya bagikan terkait dengan plugin wordpress. Saya berharap, sampai disini anda paham apa itu plugin wordpress, apa fungsinya dan dimana anda bisa mendapatkannya.

Oh ya. Website yang didukung dalam penggunakan plugin ini hanyalah website dengan platform WordPress. Anda tidak bisa menginstal plugin wordpress di website joomla, blogspot serta drupal

Oke. Mudah-mudahan tulisan tentang “Plugin WordPress ini” bermanfaat dan jika ada yang perlu didiskusikan silahkan berikan komentar anda melalui kotak komentar.


Previous
Next Post »