STRUKTUR SEBUAH WEBSITE SECARA UMUM

Struktur Sebuah Website

Website jika dianalogikan seolah seperti sebuah bangunan yang memiliki penataan dan struktur. Ada yang berstruktur sederhana dan ada juga yang terbilang rumit. Struktur di sini terbagi mulai dari tata letak dan pengkategorian serta labelisasi tulisan. Sifatnya yang serupa bangunan membuatnya dapat direnovasi sesuka hati pemilik. Mulai dari tata letak, eksterior-interior (tekstur dan warna) hingga bahan bangunan (html, php, java, dll) dapat ditentukan semau pemilik. Secara umum struktur tersebut dapat dilihat seperti gambar di bawah ini:


Keterangan gambar: 

Header
Pada angka 1 disebut sebagai header atau kepala halaman. Kepala halaman umumnya terdiri dari logo, nama situs dan slogan atau deskripsi situs. Namun beberapa pengelolanya mengembangkannya dengan mengisi keterangan waktu seperti jam atau tanggal. Dan ada juga yang menambahkan banner iklan dan kotak pencarian. Logo sendiri bisa diganti dengan gambar sebagai latar belakang atau gambar biasa yang panjangnya disesuaikan dengan badan web. 

Menu
Pada angka 2 disebut menu/halaman/navigasi. Menu ini biasanya terdiri dari informasi umum seputar website tersebut seperti “Tentang”, “Galeri”, “Kontak” dan sebagainya. Namun belakangan menu tersebut ditambahkan dengan tautan yang mengarah ke laman tertentu. Karena pada bagian ini tidak selalu berisi menu, belakangan disebut sebagai navigasi. Menu ini juga dapat ditambahkan cabangnya yang disebut menu anak sampai menu cucu hingga generasi cabang yang tak terhingga. 

Badan Utama
Pada angka 3 disebut sebagai main body atau badan utama. Isinya umumnya berupa tulisan yang juga berisikan gambar dan video. Tulisan tersebut juga terkadang berisikan keterangan terkait penulis, tanggal, kategori dan label.

Sidebar
Pada angka 4 disebut sidebar atau bilah. Merupakan bagian website yang dapat berisikan konten apapun seperti navigasi tautan yang mengarahkan ke laman lain, kata kunci, gambar, video, flash, mp3 player, kalender, banner iklan, iklan baris dan sebagainya.
 
Footer
Pada angka 5 disebut footer atau kaki halaman. Umumnya berisikan keterangan situs seperti nama situs dan slogan, dan biasanya berisi keterangan hak cipta (Copyright ©) dan tahunnya. Ada juga yang menambahkan informasi kontak dan alamat kantor. Berisi juga navigasi tambahan ke menu khusus seperti Syarat dan Ketentuan.

Di atas adalah struktur website secara umum. Tetapi karena perkembangan bahasa pemograman website ditambah dengan perbedaan dan perkembangan selera. Tata letak struktur di atas pun dapat diubah, ditambah, dikurangi dan diganti sesukanya. Bagian angka 1 bisa berada di angka 2, begitu juga sebaliknya dan begitu juga yang lainnya. Sidebar pun bisa ditambah atau dihilangkan. Apapun bisa dilakukan.

Untuk tulisan sendiri distrukturisasi untuk kemudahan pencarian. Tulisan-tulisan yang banyak, ditempatkan pada kategori tertentu dan diberikan tag (disebut juga sebagai kata kunci atau label). Ketika Anda ingin mencari tulisan-tulisan tentang kesehatan pada situs tertentu, pengelola situs menampilkan tautan navigasi kategori ‘kesehatan’, sehingga ketika Anda mengklik ‘Kesehatan’ maka Anda akan mendapatkan tulisan-tulisan terkait kesehatan. Begitu juga dengan label, tetapi label dapat menampilkan tulisan-tulisan dari kategori yang berbeda namun dengan kata kunci yang sama.

Demikianlah Struktur Website Secara Umum yang selanjutnya dapat diatur sesuka hati.


Previous
Next Post »