MENGUPAS MAKNA TEKNOLOGI INFORMASI, PERANAN DAN FUNGSINYA

Berikut Adalah Makna Teknologi Informasi, Peranan Dan Fungsinya

Apa Itu Teknologi Informasi?

 
Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang dibuat atau diciptakan oleh manusia untuk membantu manusia dalam berbagai hal yang dapat digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi.

Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi informasi bertujuan untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas dan meningkatkan efektivitas dalam aktivitas manusia. inilah penyebab diciptakannya teknologi informasi.

Bagaimanakah Peranan Teknologi Informasi Dalam Kehidupan Sehari-hari? 

Teknologi informasi sangat berpengaruh dan memiliki peranan penting dalam kehidupan saat ini, karena sudah banyak organisasi maupun pihak-pihak yang sudah menerapkan teknologi informasi untuk mendukung dan melancarkan kegiatan maupun aktivitas diberbagai bidang. terciptakannya teknologi informasi semakin mempermudah komunikasi antar manusia. Dengan adanya teknologi, manusia saat ini dapat menempuh keterbatasan jarak dan waktu dalam berkomunikasi.

Apa Saja Fungsi Teknologi Informasi Itu?
Teknologi informasi berfungsi sebagai penangkap yaitu mengkomplikasikan catatan untuk catatan rinci dari aktivitas untuk aktivitas.

Teknologi informasi sebagai pengolah yaitu mengolah atau memproses data masukan yang diterima untuk menjadi informasi. pengolahan ini dapat berupa mengubah data kebentuk lain, menganalisis, menghitung dan mengsintesis segala bentuk data dan informasi.

Teknologi informasi sebagai penyimpanan yaitu dapat merekam atau menyimpan data dalam suatu media yang dapat dipergunakan untuk keperluan lainnya. 

Teknologi informasi sebagai pencari kembali yaitu menelusuri, mendapat kembali informasi atau menyalin data dan informasi yang sudah tersimpan. 

Teknologi informasi sebagai transmisi yaitu mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi yang lain melalui jaringan komputer. 

Teknologi informasi sebagai menghasilkan yaitu menghasilkan atau mengorganisasikan informasi kedalam bentuk yang berguna.

Mengapa Harus Mengenal Teknologi Informasi?

Teknologi informasi pada masa kini memiliki kemajuan yang sangat hebat, itulah yang menuntut manusia untuk mengenal dan menguasai sedini mungkin. penguasaan teknologi informasi menjadi syarat mutlak yang harus dimiliki manusia untuk menghadapi tantangan dimasa global dewasa ini. dengan menggunakan teknologi informasi, kita dengan cepat akan mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai sumber. 

Kemampuan kita menggunakan menggunakan teknologi informasi akan mengembangkan sikap inisiatif untuk belajar dan mencari tau, sehingga kita dapat memutuskan dan mempertimbangkan kapan dan dimana penggunaan teknologi informasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan masa yang akan datang.

Teknologi informasi dapat berkembang dengan cepat dan pesat, baik itu dalam sehari maupun sedetik. teknologi informasi berkembang dengan seiringnya perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan. itulah yang menuntut manusia untuk terus belajar, mengenal, menguasai, dan melihat secara langsung bagaimana dunia teknologi informasi pada masa kini. agar kita tidak ketinggalan perkembangan di bidang teknologi informasi dari manusia yang sudah modern.

Sekian pembahasan saya tentang teknologi informasi. baik itu definisi, peranan, fungsi dan sebab-sebab harus mengenal teknologi informasi. semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Salam santun :-)


 
Previous
Next Post »