50 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RANGKING BLOG DI SERP GOOGLE


50 Faktor Utama Yang Mempengaruhi Ranking Blog Di Serp Google



A.FAKTOR DOMAIN
Dalam menjalankan Sebuah Blog pastinya tidak Luput dengan Domain, Apa itu Domain ? Domaian adalah Sebuah URL yang digunakan untuk Menjadikan Sebuah Website, Misal .COM,.NET,.MY.ID,.CO.ID.dan lain sebagainya, Namun Domain juga mempunyai Beberap Faktor. Berikut Ulasannya :::

1.Umur Domain : Dalam Video Yang berdurasi 5-10 Menit ini, Faktor Domain ditentukan oleh Umur, Matts Cutts Menyatakan Bahwa Umur Domain sangat berpengaruh Dalam perkembangan Website di Google Serp,dimana Umur Domain Yang lebih Tua Lebih Segnifikan Menapatkan Trafik Yang bagus di Serp Google Diketimbang Domain yang masih berumur baru.

2.Kata Kunci Yang Muncul Di Top Level Domain (TLD) : Dalam menggunakan Domain ada beberapa yang harus diperhatikan, yaitu kebergunaan Kata kunci yang sesuai dengan Domain anda, Gunakan Kata Kunci yang sifatnya masih Jarang dan Mati, selain kata Kunci yang sudah populer di Serp google. persaingan kata kunci dengan Top level Domain memang menjadikan Blog yang kalah dalam pencarian serp menjadi yang terbawah, jadi dalam menggunakan kata kunci dalam Top Level Domain, hendaknya anda harus bisa menggunakan kata kunci yang lebih segnifikan.

3.Kata Kunci Pada Awal Kata TLD : Kata kunci pada awal kata Domain ternyata menurut riset dalam pencarian Serp Google akan lebih unggul jika menggunakan Kata kunci diawal Top Level Domain, diketiimbang menggunakan kata Kunci diawal dan di akhir Postingan.

4.Kata Kunci Pada Nama Domain : Kata Kunci pada nama Domain memberikan sedikit keakuratan yang bagus untuk SEO dan ranking blog, dimana keakuratan kata kunci yang anda terapkamn pada nama domain sesuai dengan Judul Domain anda, Misal Pintas Area, dengan Subdomaimn http://pintasarea.blogspot.com, dengan menggunakan kata Kunci dan nama Domain yang sama, memberikan Peluang bagus dalam pencarian diserp Google.Terlebih nama domain tersebut belum pernah Terpakai, jika sudah terpakai dan mampu berada di Page one Google, Optimasi SEO anda berhasil.

5.Penggunaan Domain :Penggunaan domain dalam dunia Blogging memang belum ditentukan seacara pasti akan keakuratannya dalam Menyeimbangi domain Lainnya, Riset Menunjukan bahwa blogger yang menggunakan Top Level Domain posisi Website dan Blognya lebih Bagus diketimbang menggunakan Subdomain, menurut saya, penggunan domain itu tergantung dari para Penggunannya sendiri, walaupun Blog atau website yang menggunakan TLD namun penguasaan SEO nya masih dibawah rata-rata. Tetap saja kalah dengan yang menggunakan Subdomain.

6.Sejarah Domain : Kepemilikan Domain, sangat berpengarahu dalam ukuran SEO website atau Blog, dimana Domain dengan kepemilikan yang kurang bagus akan berdampak pada kodisi Blog yang telah dikelola. Ada banyak situs untuk melakukan pengecekan Domain, misal menggunakan Who.is atau bisa menggunakan situs lainnya, dengan menggunakan who.is anda bisa mengetahui Keoemilikan domain, History Domain, dan lainnya.

7.EMD dipinalty Google : Dalam kasus SEO banyaknya Website atau Blog yang ditendang Pinalty oleh Google menjadi Hal yang biasa dilakukan, mengapa ? karena kualitas blog mereka yang buruk da berbau porno, namun bagi pengguna domain EMD tetap bisa menjadi Pengguna yang interaktif melalui optimasi SEO, masih kemungkinan memberikan faktor SEO yang bagus diserp Google.

8.Privasi Vs Publik : Menurut Matt Cutt privasi yang disebunyikan oleh beberapa Website terkait dengan Domain, akan berpengaruh buruk dalam jajaran serp Googlem, dimana Constermer dan Search Google susah dalam merayapi website dengan kondisi Private.

9.Hati-hati dengan Pinalty Google : Sepertinya google tidak main-main dengan ancaman dimana Blog yang melakukan spammer akan langsung diPinalty, contohnya saja begini, jika anda mempunyai Blog dengan akun Google yang pernah dipinalty oleh Google, tidak menutup kemungkinan Blog-blog anda yang lain akan terkena pilnaty juga, jadi pikirkan jika anda menggunakan akun yang pernah terkena Pilnaty oleh google.


B.FAKTOR LAINNYA

Bukan hanya Faktor Domain saja yang mempengaruhi Terjadinya penurunan Ranking website atau Trafik Blog melemah diserp Google, berikut ini faktor yang mempengaruhi perkembangan sebuah website atau Blog di Serach Google :

10.Kata Kunci Title Tag : Judul halaman website menjadi salah satu faktor utama dalam perkembangan website di serp google, dimana Jika anda sering mengganti Judul Blog anda, akan terkena deindex Oleh Google, karena Google mengalami kesusahan dalam mengindex Title Blog baru anda, jadi konsisten dengan judul Blog anda, gunakan Title yang lebih efekti dipencarian Google.

11.Title Tag Dimulai Dengan Kata Kunci : Title tag yang dimulai dengan menggunakan Kata kunci sesuai dengan Domain akan memberikan respon yang cepat di google, pencarian dengan menggunakan kata kunci sesuai dengan title tag akan lebih bagus dalamm penelusuran. Sehingga Blog dengan Title dan Tag title Domain yang sama jangka waktu terindexnya akan lebih cepat.

12.Tag Deskripsi : Tag deskripsi, menghasilkan sebuah kata-kata sesuai dengan thema blog anda, menampilkan secara inti maksud blog anda, dan dalam pembuatan postingan, menggunakan deskripsi yang tepat akan memberikan banyak keuntungan,keuntungan yang pertama yaitu Posisi Artikel yang anda buat bisa diatas, dan Keuntungan kedua, kenyakinan orang lain dengan Blog anda menjadi lebih besar.

13.Penambahan Kata Kunci Pada H1 Lebih baik : Penambahan kata kunci pada pembuatan postingan lebih baik jika sama dengan Judul Postingan, misal " Faktor penting Yang perlu diperhatikan Dalam Pembuatan Website" kata tersebut bisa anda tulis kembali diawal paragraf saat anda membuat sebuah postingan baru.

14.Kata Kunci dalam Dokumen : Penggunaan kata kunci yang baik dalam Dokumen hendaknya gunakan kata Kunci yang memang tidak sama persis di Judul Postingan, menggunakan kata kunci ulang hanya diperkenankan sebanyak 2 kali saja, itupun letaknya hanya di H1 dan H6 akhir postingan, itu juga merupakan kata Kunci Turunan.

15.Konten artikel Yang Panjang : Pembuatan Konten artikel lebih panjang dengan kata-kata itu lebih baik diketimbang hanya sebagian kata atau sekitar 100 kata, pengaruh besar yaitu cepat terindex oleh google, dan bisa nangkring dihalaman pertama Google, jika saya salah silahkan anda buktikan sendiri.

16.Penggunaan Kata Kunci Turunan : Penggunaan kata kunci turunan alangkah lebih bagus jika sudah aa di H2, yaitu setelah gambar postingan, maksud dari kata kunci atau keyword turunan ini adalah kata kunci yang tidak sama persis dengan kata kunci postingan artikel, namun berkaitan dengan Judul Postingan artikel sobat, Misal kata kunci Pokok "Harga samsung terbaru " anda bisa membuat kata kunci turunan dengan Judul "Harga dan spesifikasi Terbaru Samsung Galaxy". dengan menggunakan kata kunci turunan akan lebih memberikan respon yang baik di serp Google.

17.Kerapatan Keywords : Kerapatan keyword atau kata Kunci menjadi hal penting yang harus diperhatikan, saya mengartikannya Keyword Destinity, yaitu jumlah kata kunci dalam 1 artikel, dalam 1 artikel dengan banyak 1000 kata harus mempunyai 20 kata kunci dengan Kerapatan yang berbeda-beda, dengan rentang dan paragraf yang berbeda. Pengaruh besar alah kesamaan kata kunci yang digunakan.Jadi usahakan kerapan kata kunci tidak terlalu berlebihan.

18.LSI : Ternyata Lsi Keyword masih mempunyai peranan Yang bagus dalam SEO blog, dimana LSI keyword membantu dalam proses penggunaan kata kunci yang tertarget, menggunakan prekdisi jauh lebih akurat sebenarnya sebagai pesaing kata kunci dengan Blog-blog Seo lainnya.

19.Kesamaan Sinonim LSI : Penggunaan Keyword LSI sangat menbantu Google dalam merayapi deksripsi blog sobat dengan secara tertarget, google lebih menyukai deskripsi LSI yang menarik dan adanya sinonim 2-3 kata LSI dalam pembuatan Website artiikel.

20.Kecepatan Loading Blog Perlu Diperhatikan : Membuat blog dengan kecepatan secepat kilat memang sangat tidak mungkin, dimana konten yang kita buat pastinya semuanya tidak mendukung hal tersebut, namun dengan mengkompres HTML kode template blog kita, usaha untuk mempercepatkan loading blog bisa menjadi kenyataan, terlebih orang yang ingin membuka blog kita lebih senang dengan kecepatan yang bagus, sehingga tidak melakukan Klik tanda silang merah [close].

21.Rel Canonnical : Pemggunakan Tag meta ini sangat berguna bagi sebuah blog, dimana Google tidak menganggap adanya duplikat Konten yang ada di Blog anda, anda bisa mencari tag ini di search google, banyak blogger yang upload tutorialnya, dan pasang kodenya Setelah kode <head>.

22.Konten Duplikat : Konten yang sama dengan konten aslinya akan memberikan sedikit hal buruk kepada Website yang kita bangun, dimana website dengan Konten yang sedikit di modifikasi akan menurunkan rangkin blog dari serp google.

23.Optimasi Gambar : anda bisa membuat postingan gambar dengan Menggunakan tag ALT, pada saat anda membuat sebuah postingan blog baru, anda bisa melakukan Klik pada gambar tersbut >> Propertis >> Tag alt bisa anda isi dengan judul atau kata kunci yang tepat sasaran.

24.Kecepatan halaman Crhome Browser Google : Sepertinya untuk kecepatan Browser bukan menjadi masalah dalam urusan SEO , namun pengguna Google Chrome lebih banyak juga diketimbang pengguna Mozzila, mungkin karena browser bawaan Google, namun mengunakan Crhome banyak HTML blog yang membuatnya loading lambat, sehingga banyak yang memilih Menutup blog karena Loadingnya lama, berbeda dengan mozzila, lebih cepat dalam loading, sedangkan crome lebih cepat dalam perayapan.

25.Konten Artikel yang selalu Update : siapa bilang bahwa update konten juga tidak bagus untuk website, google lebih mennyarankan untuk selalu update postingan Blog sehari mungkin bisa 2-3 artikel atau lebih, itu lebih bagus dari pada sama sekali tidak mengupdte, namun kualitas artikel harus sesuai dengan kemampuan kalian, jangan plagiat atau copas ya.

Belum capek baca ??? Saya udah Capek ngetik nya.>>>>>Tetep lanjut.................

26.Jangan Menghapus Konten : menghapus konten artikel yang tidak sesuai dengan prosedur akan membahayakan artikel yang kita buat, dimana artikel yang tadinya sudah bagus tiba-tiba hilan dihapus,m walaupun terindex google, namun pengunjung akan menumui halaman 404 halaman kosong atau not found, dengan begitu pengaruh buruk bisa terjadi kepada situs anda, jadi kalau meu menghapus konten lewat websmater google.

27.Kesegaran Konten : Google juga mempertimbangkan besarnya update untuk suatu website, seberapa sering anda mengupdate artikel anda, sehari atau sebulan, atau malah setahun ? itu menjadi hal yang tidak mestinya anda lakukan jika ingin trafik blog anda naik, gunakan pikiran anda untuk memberikan informasi yang tepat dan bermanfaat, sehingga anda mampu update artikel setiap harinya.

28.Keyword yang Tepat : Banyak yang bilang kalau artikel ingin cepat terindex dan mampu nangkring dihalaman pertama perlu menambahkan keyword yang banyak ? itu salah, menambahakan kata kunci pada 100 kata pertama, dan ditengah serta dibelakang artikel sebenarnya sudah cukup, namun gunakan kata kunci yang tidak diulang ya.

29.Kata Kunci h2 dan h3 : Yaitu penambahan kata kunci pada paragraf pertama dan kedua setalh gambar, akan lebih bagus jika menggunakan kata-kata yang berbeda dengan kata kunci sebelumnya, jika anda lakukan itu akan menambah sinyal dari google untuk merayapi situs anda.

30.Kualitas Link Outbound : pernah dengan Link Outbound ? yaitu Link URL artikel anda lainnya yang menuju ke artikel anda, yaitu dengan menempelkan Link URL yang tepat, yaitu menggunakan Judul Artikel yang berhubungan,misalnya Link saya ini. bukan hanya URL bebas, tetapi gunakan kata-kata atau judul yang berhubungan.

Baca Juga : Arti Penting SEO dalam Membangun Sebuah Website atau Blog

31.Optimai Keyword Search : Penggunaan kata kunci yang lebih relevan biasanya cenderung lebih bagus untuk memberikan sinyal kepada artikel kita, biasanya blog dengan kata kunci yang berbeda akan lebih jauh terindex, namun muncul dengan kata kunci yang terindex, misal orang lain mengetikkan kata kunci " Pintas area", dan anda menggunakan kata kunci yang berbeda "area pintas". maka hasil penelusuran akan menemukan web anda di halamam pertama dan kedua.

32.Blogwalking : Peranan Dalam Blogwlaking sangat perlu dilakukan, selain menjadikan blog sebagai media informasi, dan media promosi bahwa blog anda masih baru juga, selain itu mendapatkan backlink adalah tujuan utamanya. serta tentunya saling berbagi referensi dan pengalaman dari setiap Blogger.

33.Grammar dan Ejaan : Penggunaan tata bahasa dan ejaan yang benar ternyata juga masuk dalam perhitungan Google, dimana Ejaan yang kurang Tepat tidak akan Muncul atau deindex oleh Google, misal anda membuat 1000 kata dalam 1 artikel, dengan 10 kata ejaan yang salah, maka hanya 900 kata yang bisa dihitung oleh mesin Google.

34.Konten Clone : Pengaru besar saat orang membuat artikel yaitu melakukan Cloning artikel ayng artinya sindikasi dalam mencopas artikel orang lain, ternyata menyebabkan tingkat penelusuran tidak baik, bagi blog yang suka melakukan Copas menjadi blog yang susah untuk menerima segala Monentizasi dari berbagai situs yang terpercaya.

35.Konten Tambahan : Selain konten yang original ternyata konten tambahan yang tidak sesuai dengan niche dianggap baik juga dari Google, misal "berbisnis dengan facebook sangat menguntungkan " anda bisa menambahkan konten dibawah artikel anda dengan ketikan sesuai dengan paragraf awal untuk membandingkan bahwa niche anda tetap dalam niche Blogging, dan niche bisnis.

36.Jumlah Link Keluar : Bisa merusak posisi serp di Google, karena banyaknya konten yang keluar tanpa Dibatasi, yang paling bagus jika anda ingin memberikan link outbond atau keluar, hanya beberapa saja 2-3 link sudah cukup maksimal.

37.Multimedia : Menambahakan beberapa Media seperti Video, Game, Image, dan konten-konten lainnya, bisa menambah kualitas pencarian dan Blog anda lebih disenangi oleh google. silahkan Dicoba.

38.Internal Link : Sebuah Link link yang menuju ke halaman artikel anda, dimana artikel yang anda tunjukan adalah artikel yang masih sama hubungannya dengan artikel yang dibaca orang, jumlah internal link yang paling bagus berjumlah 2-3 link, cukup untuk 1 artikel blog.

39.Kualitas link : Apakah anda mempunyai Link Blog teman yang masih ada kaitannya dengan artikel yang anda buat ? dan teman anda ingin artikel tersebut ada di Link URL anda, maka anda bisa memberikan 2-3 link artikel blog teman untuk ditempelkan di artikel anda, dengan syarat artikel yang saling berhubungan, ada 2 keuntungan, pertama berbagi backlink dan kedua sama-sama mendapatkan pengunjung.

40.Broken link/Link Rusak : kebanyakan link rusak menjadi sumber permsalahan bagi banyak Blogger, dimana link yang sudah rusak bisa mengakibatkan google tidak memperhatikan Blog anda, karena link yang anda tanam rusak, dan tidak bisa dibuka, atau 404, maka segeralah perbaiki, khasus ini sering terjadi pada Blog Download, dimana link rusak harus segera diperbaiki.

41.Link Afiliasi : Link afiliate atau afiliasi, dimana link yang mengarahkan ke sebuah situs web yang anda ikuti, agar orang tersebut tertarik untuk membeli atau berminat bergabung di web yang anda ikuti, maksimal link afiliasi yang bisa and pasang yaitu 2-3 saya, selebihnya jangan, Google juga menyarankan agar memasang Iklan adsense sekitar 3-4 iklan, selebihnya jangan.

42.Reading Level/ Tingkat Kemudahan Teks : Tingkat kemudahan sebuah artikel untuk dibaca juga diperhitungkan, agar orang-orang lebih memahami apa isi dari artikel tersebut, dan apa Arti dan penejelasannya, Google lebih senang dengan Tingkat keterbacaan artikel yang jelas dan sederhana.

43.Kesalahan Dalam Penyusunan HTML : Kesalahan yang paling mengalami pro kontra yaitu kesalahan HTML, banyak pakar SEO yang membahas hal tersebut, kesalahan HTML belum bisa diprediksikan secara pasti akan menghambat perkembangan website atau blog di Google, maka sampai sekarang pembahasan mengenai kesalahan HTML masih dalam pro kontra.

44.DAW : Domain Authority Website, menjadi langkah besar untuk meningkatkan trafik blog, terlebih blog yang sudah mempunyai DAW.

45.Pagerank Website : Walaupun bukan menjadi kewajiban setiap Blogger untuk mencari Pagarank, atau tingkat trafik situs yang tinggi, namun bagi blogger yang masih terperdaya dengan hal-hal seperti mendapatkan backlink dari situs berpagerank tinggi menjadi lebih cenderung bukannya mengembangkan web atau blognya namun mencari-cari web dengan page rank tinggi, mungkin ini salah satu faktor yang menyebabkan google mematikan Pagerank.

46.Panjang URL artikel : Menurut catatan yang dibaca Di search engine Jurnal, Blog dengan URL yang panjang dalam serach engine akan sulit untuk di index, mengapa ? karena Link yang dikirmkan ke google akan lebih tertarget dengan kata kunci postingan Blog, maka disarankan jika membuat postingan, perpendek link URL yang digunakan untuk membuka artikel anda, kesamaan judul dan Link URL akan lebih bagus jika disamakan.

47.Url Path Homepage : Halaman post yang dekat dengan Postingan atau Releated post cenderung lebih baik mendapatkan otoritas yang maksimal dari Google, misal popular Post dan lainnya.

48.Human Editors : secara pasti belum menjadi hal penting dalam penerapan SEO, namun tidak menutup kemungkinan pihak google akan menerapkan hal tersebut.

49.Halaman Kategori atau Label Menjadi Otoritas sendiri : halaman Kategori blog menjadi pembanding sendiri, yaitu memberikan navigasi yang mudah kepada semua Orang untuk berselancar diblog anda, dengan menggunakan kemudahan yang lebih praktis, google memberikan otoritas tinggi bagi website yang memberikan kemudahaan dan kesederhaan kepada pengunjungnya.

50.Selalu Bersabar Dan Giat : Bukan hanya saya yang mencoba trik-trik diatas, tapi kesabaran saya dalam membuat artikel ini, berarti ini sama saja mengingatkan diri anda sebagai Blogger yang mudah menyerah harus tetap tekun menjadi seorang Blogger, kode etik yang selalu berlaku bagi semua blogger "HARGAI BLOGGER LAIN".
Previous
Next Post »