Pengertian Internet Marketing, Jenis- Jenis, Kekurangan dan Kelebihannya

 Apa itu Internet Marketing ?

Internet Marketing merupakan sebuah strategi pemasaran dengan menggunakan internet agar bisa menyampaikan pesan promosi kepada pelanggan. Dengan berkembangnya teknologi, internet marketing menjadi sangat populer, karena tidak banyak membutuhkan modal dan tidak banyak memakan waktu. 

Hanya dengan menggunakan laptop dan modem saja, kita sudah bisa membangun sebuah bisnis. Internet marketing dapat dilakukan dimanapun dan kapan pun. Untuk berbelanja tidak perlu ke toko lagi, pembayaran nya pun bisa langsung di transfer

Jenis-Jenis Internet Marketing

1. Email Marketing

Email Marketing merupakan teknik pemasaran yang dapat dilakukan dengan cara mengirimkan email kepada pelanggan. Email Marketing bisa mendatangkan prospek, memajukan brand awareness, meningkatkan relasi, menjaga loyalitas pelanggan, dan sebagainya. 

2. Social Media Marketing

Social Media Marketing merupakan teknik memanfaatkan sosial media agar terhubung dengan aundiens, membangun sebuah merek dan meningkatkan penjualan. Untuk melakukan pemasaran di media sosial, anda harus membuat konten yang menarik dan relavan.

3. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) merupakan sebuah teknik pemasaran yang mengiklankan produk atau situs melalui mesin pencari. Agar pelanggan dapat mengetahui produk yang dipasarkan melalui mesin pencari.

4. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah teknik untuk mengoptimalkan halaman web atau lebih dikenal dengan istilah situs agar meningkatkan kuantitas dan kualitas dari hasil mesin pencari.

5. Influencer Marketing 

Influencer Marketing merupakan teknik pemasaran yang dilakukan secara online oleh influencer agar dapat mempengaruhi audiens untuk membeli produk yang telah dipromosikan. 

6. Pay-Per-Click (PPC)

Pay-Per-Click (PPC) merupakan Teknik pengiklanan dimana pengiklan akan membayar biaya setiap kali iklan mereka di klik. 

7. Video Marketing

Video Marketing merupakan teknik pemasaran yang menggunakan sebuah video dalam memasarkan dan mempromosikan produk suatu bisnis. 

8. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing merupakan sebuah teknik pemasaran yang dapat dilakukan oleh sekelompok orang yang sudah tergabung dalam sebuah program affiliate marketing

9. Retargeting

Retargeting merupakan sebuah bentuk iklan penargetan online yang ditampilkan untuk pengunjung situs web, Agar dapat menargetkan ulang mereka yang mengunjungi situs.

10. Reputation Marketing

Reputation Marketing merupakan teknik terpenting dari setiap pemasaran internet. Perlu adanya reputation marketing di semua pemasaran internet agar tidak hanya meningkatkan image bisnis, namun juga bisa mempertahankannya agar tetap positif dimata aundiens. 

Kelebihan Internet Marketing

  • Tempat bekerjanya yang fleksibel
  • Sangat menghemat waktu
  • Berjalan secara otomatis
  • Dana promosi internet lebih murah dibandingkan media promosi lainnya
  • Bisnis internet marketing berjalan secara online, jadi tidak tedapat bentuk fisik yang bisa rusak
  • Penghasilan yang jauh lebih besar
  • Ruang lingkupnya yang jauh lebih luas
Kekurangan Internet Marketing

  • Dana awal saat pembuatan situs, software, hardware, serta biaya pemeliharaan tergolong mahal
  • Sering terjadinya penipuan
  • Memakan waktu yang lama agar meraih sebuah kesuksesan
  • Tida ada komunikasi secara langsung antara penjual dan pembeli

Previous
Next Post »